ASSALAMU'ALAIKUM , Welcome to UPKKI`s Blog...! (UPKKI BE A GOOD FRIEND).

Minggu, 27 Oktober 2013

Pelatihan Qurban UPKKI 2013

Asslamu'alaikum wr wb.
Alhamdulilah, puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah swt yang telah mencukupkan nikmat dan menyempurnakan agama-Nya. Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada uswatun khasanah kita Rosulullah Muhammad saw. 

Pelatihan Qurban merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan UPKKI setiap bulan Dzulhijjah. Bulan dzulhijjah merupakan bulan yang amat bersejarah bagi kaum muslim di seluruh dunia yakni pada bulan ini umat islam berkumpul di tanah suci untuk menjalankan rukun islam yang ke-5 yaitu ibadah haji. Selain ibadah haji, pada bulan Dzulhijjah umat islam juga merayakan Hari Raya Idul Adha. Pada hari itu umat muslim dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban bagi yang mampu. Perintah berqurban tersebut diilhami dari kisah Nabi Ibrahim as yang diperintahkan menyembelih putra tercintanya yakni Nabi Ismail as. Kisah tsb terdapat QS Al Shaf ayat 102 yang berbunyi :
فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ (١٠٢)
yang artinya : Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku Termasuk orang-orang yang sabar".
Begitu taatnya Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as kepada Allah swt maka hendak disembelihlah putra terkasihnya yang telah lama dinanti kehadirannya. "Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata" (QS Al Shaff ayat 106). Lalu digantikanlah Nabi Ismail as dengan seekor domba yang besar. 

Itulah cuplikan kisah tauladan kesabaran dan ketaqwaan Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as yang kemudian mengilhami penyembelihan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha. 
Pada 12 Dzulhijjah 1434 atau 17 Oktober 2013 UPKKI telah mengadakan pelatihan qurban dengan menyembelih satu ekor sapi dan satu ekor kambing. Dana pelatihan qurban kali ini didapatkan dari iuran tiap mahasiswa PGSD UPP Tegal dan dosen. 

Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00-14.30 WIB, penyembelihan hewan qurban dilakukan di sebelah PKM PGSD Tegal. Setelah proses penyembelihan dan pemotongan selesai maka daging qurban siap dikemas dan dibagikan pada masyarakat sekitar kampus. Masyarakat sangat menyambut baik atas pembagian daging qurban yang dilakukan oleh UPKKI. 

Semoga pelatihan qurban UPKKI bukan hanya ritual rutin untuk menjalankan program kerja, namun tersimpan makna yang sangat dalam agar kita dapat meneladani ketaqwaan dan kesabaran Nabi Ibrahim as 
serta Putranya Nabi Ismail as.

Wassalamu'alaikum wr wb.

Lampiran foto-foto kegiatan :




0 komentar:

Posting Komentar