ASSALAMU'ALAIKUM , Welcome to UPKKI`s Blog...! (UPKKI BE A GOOD FRIEND).

Rabu, 08 Juli 2015

Tak Silau Dengan Dunia, Berlomba Meraih Surga

Tema yang indah bukan? J pengen tau tema itu untuk acara apa? yuk simak tulisan berikut. Pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 5-6 Juni 2015, UMAI menggelar acara MABIT 2015 untuk mahasiswa semester 2 PGSD Tegal. Acara MABIT ini merupakan lanjutan dari kegiatan mentoring yang sudah dilaksanakan mahasiswa semester 2 selama 12 pertemuan yang didampingi oleh para mentor. Kegiatan mentoring ini memang diwajibkan bagi mahasiswa semester 2, kemudian nilai yang diperoleh dari hasil mentoring dimasukkan dalam nilai yudisium nantinya yang digabung dengan mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang diambil oleh mahasiswa semester 2. Acara Malam Bina Iman dan Takwa dimulai sore hari menjelang ashar hingga esok hari. Tema MABIT kali ini adalah “Tak Silau Dengan Dunia, Berlomba Meraih Surga”. Acara dimulai pada hari Jumat tanggal 5 Juni 2015. Pada pukul 14.30 WIB, presensi sudah dimulai, agar setelah ashar bisa dimulai pada acara yang pertama. Serangkaian acara MABIT diantaranya Kajian sore, Khotmil Al-Quran, Motivasi, Muhasabah, UMAI Award, dll. Acara pertama adalah Kajian Sore dengan pembicara Ustadz Nur Sidiq. Acara kajian sore dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, Sholawat, dan sambutan  ketua panitia MABIT 2015, meskipun acara ini dikhususkan untuk mahasiswa semester 2, tapi pada kajian sore ini juga dihadiri oleh mahasiswa semester 4, 6, dan 8. Dalam kajian ini, mengkaji tentang bab Ilmu. Diantaranya tentang arti kata ilmu itu sendiri, tentang manfaat ilmu, tentang hal-hal yang menyebabkan ilmu sulit untuk masuk, tentang cara menanamkan ilmu itu di dalam hati, dan masih banyak lagi yang di bahas dalam kajian tersebut. Acara kajian sore ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustadz Nur Sidiq. Isi doa yang dipimpin oleh beliau begitu menyentuh di hati, hingga ada mahasiswa yang meneteskan air mata karena begitu dalamnya isi doa yang dipanjatkan beliau.

Setelah kajian sore selesai, peserta MABIT segera mengambil air wudhu untuk sholat maghrib. Setelah kumandang adzan maghrib, segeralah mereka sholat maghrib berjama’ah. Setelah sholat maghrib selesai, dilanjutkan dengan khotmil Al-Quran. Yaitu dengan tiap kelompok sesuai kelompok mentoring di bagi 2 juz Al-Quran dan di baca dengan dibagi sesuai anggota kelompoknya. Kecuali bagi mahasiswa perempuan yang sedang berhalangan, maka ada acara sendiri yang telah disiapkan oleh panitia. Setelah selesai khotmil Al-Quran dilanjutkan lagi sholat isya berjama’ah. Kemudian baru setelah sholat isyak selesai lanjut makan malam..hhmmm..enaaakk....

Perut sudah kenyang tapi bukan berarti langsung tidur, justru itu tidak baik. Tapi yang baik ya...acara tetap lanjut lagi. Acara berikutnya yaitu acara motivasi yang akan diisi oleh motivator yang sudah tidak asing lagi di PGSD. Pembicaranya yaitu Bapak Jaim wong. Beliau mengisi tentang Sosok Guru yang Dirindukan, dirindukan siapa ya...tentunya dirindukan siswa kita nantinya, ketika nantinya sudah mengajar. Beliau juga mengajak para mahasiswa untuk menulis mimpi dan harapan menjadi guru yang seperti apa nantinya. Tulisan-tulisannya tersebut bisa menjadi do’a agar kelak menjadi guru yang terbaik bagi siswanya dan benar-benar menjadi guru yang dirindukan oleh siswanya. Setelah acara motivasi selesai acara yang sudah dinantikan karena waktu sudah cukup larut malam, yaitu acara naum (tidur)....yeeyyy..

Ketika hampir pada sepertiga malam, yaitu jam 02.00. Peserta MABIT sudah dibangunkan untuk sholat malam dan berdo’a kepada Allah s.w.t. Setelah sholat malam, ada acara Muhasabah yang diisi oleh Ustadz Teguh. Beliau mengisi tentang makna sholat malam, mengajak untuk bertaubat, beliau juga bermuhasabah tentang orang tua, hingga sebagian besar peserta meneteskan air matanya mengingat tentang perjuangan orang tua, apalagi yang salah satu orang tuanya telah tiada akan menambah air mata yang keluar menetes di pipi.

Setelah muhasabah selesai, kumandang adzan subuh telah terdengar, para peserta segera mengambil air wudhu untuk sholat subuh berjama’ah. Setelah selesai sholat shubuh dan memanjatkan do’a, sampailah pada penghujung acara MABIT, yaitu acara UMAI Award. Acara yang dinanti-nanti dan membuat hati berdebar-debar bagi peserta MABIT 2015. Pada acara ini dipilih mulai dari mente ikhwan terbaik, mentee akhwat terbaik, kelompok mentoring terbaik ikhwan dan akhwat, serta tidak kalah juga astor ikhwan dan akhwat terbaik. Pemilihan diambil dari nominasi mentee-mentee terbaik dari tiap-tiap kelompok, nominasi semua kelompok baik ikhwan maupun akhwat, dan nominasi astor-astor baik ikhwan maupun akhwat. Dan akhirnya diperoleh hasil “Mentee Terbaik Ikhwan” diraih oleh Muhamad Adzkiya Sadali dari kelompok Utsman bin Affan dan “Mentee Terbaik Akhwat” diraih oleh Siti Hajar dari kelompok Ummu Habibah Romlah, kemudian  untuk “Kelompok Ikhwan Terbaik” diraih oleh kelompok Umar bin Khattab dan “Kelompok Terbaik Akhwat” diraih oleh kelompok Juwariyah, lalu dari “Astor Terbaik Ikhwan” diraih oleh  Mas Mijil Adi Prasetyo dan “Astor Terbaik Akhwat” diraih oleh Mba Alfia Firdani. Kemudian sebagai penutup acara adalah sarasehan. Dan selesai sudah acara MABIT 2015

0 komentar:

Posting Komentar