ASSALAMU'ALAIKUM , Welcome to UPKKI`s Blog...! (UPKKI BE A GOOD FRIEND).

Rabu, 17 Agustus 2011

BBQ & BHQ (part 2)


A.    Be Beauty With UPKKI (BBQ)
Acara ini dimulai pada pukul 08.00 oleh ukhti Rismadiani Kurnia sebagai pembawa acara, dilanjutkan dengan pembacaan Al Qur’an oleh ukhti Izzati Hidayatul dan sari tilawah oleh ukhti Ratna Dewi Y. Setelah pembacaan sari tilawah pembawa acara menyerahkan kegitan kepada ukhti Eliya Zahrotun Nisa yang betindak sebagai moderator. Kajian dipimpin oleh moderator dan yang menjadi pembicara yaitu ustadzah Zakiyyah dengan tema pembicaraan “Mempersiapkan Keluarga Sakinah, Mawadah, Warohmah”. Materi yang disampaikan antaralain mengenai Ciri wanita Sholehah dan keutamaan menjadi istri yang solehah dalam keluarga yang Sakinah, Mawadah, Warohmah. Di sela-sela penyampaian materi dilakukan sesi tanya jawab interaktif, dari peserta banyak yang mengajukan pertanyaan seputar bagaimana mempersiapkan Keluarga Sakinah, Mawadah, Warohmah. Beberapa pertanyaan yang muncul antara lain:
1.    Ukhti Hidah
     “Bagaimana bila seseorang mengungkapkan perasaan pada yang ia cintai padahal tidak boleh pacaran?”
Jawab: “sebaiknya dipenjam, karena nila diungkapkan itu termasuk nafsu  syaitan.”
2.    Ukhti Dewi
     “Bagaimana tanggung jawab suaami pada saudara perempuannya apabila orang tua telah meninggal?”
     Jawab:” Tanggung jawab suami sampai saudara perempuannya menikah, namun apabila suami saudara perempuan meninggal atau ia diceraikn , maka tanggung jawab kembali kepada suami kita.”
3.    Ukhti Dina
  “Mengapa orang yang dalam penantian dianjurkan berpuasa?”
 Jawab: “Karena puasa menjaga hawa nafsu kita tetap terkontrol.”

4.    Ukhti Sulis
 Bagaimana agar pertengkaran kecil tidak menjadi besar, dan cara agar     pertengkaran tidak diketahui anak?”
Jawab: “ Memperbaiki komunikasi, menjadi istri yang Sholehah, dan saling mengerti.” “selesaikan masalah saat anak tidak ada dirumah atau saat mereka tidur”
Masih banyak pertanyaan lain yang intinya bagaimana membentuk dan mempersiapkan keluarga idaman yang Sakinah, Mawadah, Warohmah. Sesi Tanya jawab selesai maka acara diserahkan kembali kepada pembawa acara dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh ustadzah Zakiyyah. Selanjutnya Acara dilanjutkan dengan pembagian angket bagi para peserta yaang berisi saran dan kritik serta usulan tema untuk BBQ selanjutnya. Acara berakhir pada pukul 11.30 WIB. Di luar acara panitia memberikan doorprise kepada penanya pertama, kedua dan ketiga.
         Kegiatan Be Beauty with UPKKI (BBQ) merupakan kegiatan yang didesain untuk para mahasiswi PGSD UPP Tegal yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2011 ini ternyata cukup disambut baik oleh mahasiswi PGSD UPP TEGAL.
         Kegiatan ini dihadiri juga oleh dosen PGSD UPP Tegal yaitu Ibu Dra. Umi Setijowati.
Peserta Khidmat mendengarkan Ceramah

B. Be Hamdsome With UpQ (BHQ)
       Acara dimulai pukul 08.00 WIB. Bertindak sebagai pembawa acara akhi Ngatour Rohman, acara inti yang pertama yaitu pembukaan dengan membaca Surat Al-Fatihah, kemudian pembacaan Tilawah oleh Akhi Satoto. Selanjutnya membaca Asmaul Husna bersama-sama yang dipimpin oleh Akhi Imron Rosyadi, Setelah itu dilanjutkan kajian dengan tema “Mempersiapkan Keluarga Sakinah, Mawadah, Warohmah” oleh Ustadz Burhan Barmavi. Beliau menjelaskan tentang Asal Hukum Nikah, Cara mendapat Istri yang Sholehah, Hukum Memandang Lawan Jenis, dan Hal- hal yang sebaaiknya dilakukan sebelum menikah.
         Penyampaian materi kajian berakhir pada pukul 09.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan  sesi pertanyaan.
1.    Akhi Supiyon
“Apa yang dapat kita Istikharohi disaat kita belum ada  gambaran menikah di waktu dekat ( karena belum mampu) ?”
Jawab: “Tetaplah menjaga pandangan dari lawan jenis, dan tetaplah berniat baik, karena Alloh SWT senantiasa menjanjikan keluasan rezeki, bagi yang fakir/tidak mampu namun berniat baaik untuk menikah.
2.    Akhi Suharmani
“ Bagaimana adab saat berhubungan suami istri?’’
Jawab: “Berwudhu dan melakukan sholat sunah. Kemudian berdoa untuk melakukan hubungan suami istri, puji dan rayulah istri dengan baik, selanjutnya no coment ^_^.
3.    Akhi Satoto
“ Bagaimana Hukumnya menikahi perempuan yang hamil akibat zina?”
Jawab : Hukumnya sah tetapi makruh, daan berguna untuk menutupi aib wanita tersebut. Dan hukumnya haaram apabila menikahi perempuan hamil hasil talak.
Sesi Tanya jawab selesai maka acara diserahkan kembali kepada pembawa acara dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh ustadz Burhan Barmavi. Selanjutnya Acara dilanjutkan dengan pembagian angket bagi para peserta yaang berisi saran dan kritik serta usulan tema untuk BaiHaQi selanjutnya, serta pembagian dorprize.
         Kegiatan Be Handsome with UPKKI (BaiHaQi) merupakan kegiatan yang didesain untuk para mahasiswa PGSD UPP Tegal yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2011 ini ternyata cukup disambut baik oleh mahasiswa PGSD UPP TEGAL.

 
Ikhwan serius menyimak ceramah


Ustadz Burhan saat Berceramah


0 komentar:

Posting Komentar