ASSALAMU'ALAIKUM , Welcome to UPKKI`s Blog...! (UPKKI BE A GOOD FRIEND).

Selasa, 10 September 2013

MABIT KUBRO UMAI-UPKKI 2013



                Sabtu, 15 Juni 2013 lalu pembukaan Mabit Kubro 2013 dilaksanakan pada pukul 07.00-08.00 WIB di GOR PGSD UPP Tegal. Acara Mabit Kubro kali ini bertema Membangun Diri Menjadi Insan Berakhlak Islami merupakan serangkaian kegiatan yang diwajibkan bagi mahasiswa semester 2 yang menempuh mata kuliah PAI.
                Kegiatan ini diawali dengan Safari Ukhuwah+ Outbond yang dimulai pada jam 08.00-12.00 WIB. Rute safari ukhuwah melewati daerah Pesurungan, Debong, dan Kemandungan. Dalam safari kali ini terdapat empat pos bagi mentee yakni pos pengetahuan islam, Al-Qur’an beserta tajwidnya, praktik sholat jenazah dan problem solving . Dalam kegiatan Safari Ukhuwah para mentee diharapkan dapat mengambil banyak pelajaran, seperti menghargai indahnya alam ciptaan Allah swt. Selain itu banyak juga nilai-nilai kerja sama dalam kelompok yang dapat diambil sebagai pelajaran.
                Setelah Ishoma mulai pukul 12.00 WIB, para mentee kembali ke GOR  pukul 02.45 WIB untuk sholat ashar berjamaah kemudian mengikuti tausiah yang disampaikan oleh Ustadz KH. Abdul Wahid dari Debong. Beliau menyampaikan betapa pentignnya menjaga akhlak kepada guru dan orang tua. Sebagaimana kisah Al-Imam Ghozali yang sangat menghormati gurunya dan selalu mengerjakan perintah gurunya walaupun berat sehingga ilmunya bermanfaat.
Menurut penuturan beliau, zaman sekarang kacau balau karena banyak orang yang tidak menghormati guru dan orang tua. Mereka telah lalai akan besarnya pengorbanan guru dan orang tua mereka. Beliau berpesan, sebagai umat Nabi Muhammad SAW kita senantiasa memperbaiki akhlak kita karena zaman sekarang cobaan semakin bertambah  besar dibandingkan zaman dahulu.
                Salah satu cara yang bisa ditempuh remaja yang masih labil guna membangun akhlak islami yaitu dengan menata diri kita sendiri, merenungkan apakah yang kita perbuat sudah benar atau masih salah. Rasul SAW dalam sabdanya lebih menyukai remaja yang tekun beribadah daripada orang tua yang tekun beribadah. Maka dari itu mari kita gali ilmu sebanyak-banyaknya.
                Selepas sholat maghrib berjamaah dilanjutkan dengan khotmil qur’an 30 juz yang dilakukan bersama-sama oleh para mentee. Sekaligus dipanjatkan do’a khotmil Qur’an yang disusun oleh Al-Imam Ali Zainal Abidin. Salah satu waktu yang mustajab untuk berdo’a adalah setelah menghatamkan Al-Qur’an. Sedangkan para akhwat yang sedang berhalangan diarahkan panitia untuk mengikuti acara lain.
                Ba’da sholat Isya berjamaah dan makan malam, pada pukul 20.00-23.00 WIB, GOR PGSD UPP Tegal digetarkan dengan penampilan trainer muda tegal yang merupakan mahasiswa PGSD Tegal smt 8, Imron Rosyadi yang kerap disapa Mas Imron. Melalui training ini, diharapkan mampu memotivasi para mentee untuk menjadi mahasiswa muslim yang handal melalui perpaduan lima kekuatan utama, yakni  Power of Mind, The Power of Focus, The Power of Dream, The power of kepepet dan The Power of Do’a.
                Di salah satu sesinya, Mas Imron juga membuat haru atmosfer GOR PGSD saat menyampaikan kisah betapa Rasulullah menahan pedihnya sakarotul maut Rasul SAW berdo’a kepada Allah SWT supaya memedihkan sakarotul mayt Beliau dan mudahkan untuk umat beliau. Sungguh besar cinta Beliau pada umatnya hingga tak tega apabila  umatnya kesakitan. Allohuma sholli’ala Muhammad.
                Setelah beristirahat dan tidur, para mentee menuju GOR pukul 20.30 WIB untuk melaksanakan Qiyamul Lail dan dilanjutkan dengan do’a bersama, kemudian dilanjutkan dengan muhasabah oleh Ustadz Teguh  dari Kab. Tegal. Dalam muhasabahnya, Ustadz Teguh menerangkan bahwa pada sepertiga malam terakhir rahmat Allah turun ke dunia. Pada sepertiga malam terakhir bintang yang berkilauan di langit tampak seumpama mata ribuan malaikat yang mengintip penduduk bumi. Di atas sana ada jutaan malaikat yang sedang bertasbih. Jutaan malaikat itu mendoakan penduduk bumi yang tidak lalai. Penduduk bumi yang mau tahajjud saat jutaan manusia terlelap lalai. Saat itu, Allah mengabulkan orang yang berdo’a dan memberi ampunan kepada orang yang memohon ampunan.
                Setelah muhasabah, para mentee melakukan sholat shubuh berjama’ah. Acara mabit yang terakhir yaitu sarasehab dan penutupan. Pada acara sarasehan, peserta dipersilakan untuk memberikan kesan dan pesan maupun kritik yang membangun terhadap acara mabit. Pada sarasehan ini diumumkan mentee terbaik ikhwan dan akhwat serta kelompok mentoring terbaik. Acara mabit ditutup pukul 06.30 WIB yang menandai berakhirnya serangkaian acara mabit ini.
                Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari pelaksanaan Mabit Kubro tahun ini. Semoga kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Mabit misalnya mengaji, sholat berjama’ah, membaca Al-Qur’an dan qiyyamul lail dapat kita lakukan sehari-hari secara istiqomah. Semoga mahasiswa PGSD UPP Tegal benar-benar menjadi pribadi yang berkarakter islami. Aaamiin Ya Allah.

0 komentar:

Posting Komentar