ASSALAMU'ALAIKUM , Welcome to UPKKI`s Blog...! (UPKKI BE A GOOD FRIEND).

Kamis, 17 April 2014

BBQ dan BHQ Edisi Perdana

BBQ dan BHQ Edisi Perdana 


BBQ edisi kali ini diadakan hari Sabtu, 5 April 2014 pukul 08.00 di aula asrama. BBQ edisi perdana ini mengangkat sebuah tema yang sangat menarik yaitu ”KETIKA CANTIK DAN SHOLEHAH JADI IDAMAN”.Ya, sebuah tema dan pastinya sebuah harapan juga bagi setiap muslimah untuk bisa cantik namun tetap sholehah juga. Materi tersebut disampaikan oleh ustadzah Fatimah Jindan. Beliau menyampaikan materi ini dengan sangat menarik. Berikut adalah sedikit uraian materi yang disampaikan. 

Setiap muslimah di dunia ini pasti menginginkan menjadi wanita yang cantik dan sholehah. Dalam islam Kecantikan bukanlah apa yang dianggap indah oleh panca indra melainkan kecantikan yang sesungguhnya adalah kecantikan hati nurani . Sebab Allah SWT tidak melihat bentuk fisik hamba-Nya melainkan Allah melihat hati nurani hamba-Nya. Kecantikan dan Kesholehahan wanita diukur pada seberapa besar ketakwaannya kepada Allah dan Rosulnya. Semakin Taqwa seorang muslimah , maka semakin cantik ia di hadapan Allah ‘Azza Wa Jalla. Lalu bagaimana cara kita sebagai muslimah agar menjadi wanita yang sholehah?

Berikut adalah sifat-sifat wanita sholehah yang patut kita teladani :  
(1) Wanita sholehah adalah wanita yang beriman bahwa Allah Subhaanahu wata’ala adalah Rabbnya, dan Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah nabi-Nya, serta islam pedoman hidupnya. 
(2) Selalu menjaga sholat lima waktu dengan wudlu’nya, khusyu’ dalam menunaikannya, dan mendirikan sholat tepat pada waktunya
(3) Wanita yang menjaga hijabnya dengan rasa senang hati,
(4) Selalu menjaga ketaatan kepada suami dan kedua orang tuanya.
(5) Wanita yang mendidik anak-anaknya untuk taat kepada Allah Subhaanahu wata’ala, menanamkan ke dalam hati mereka perasaan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya,
(6) Tidak berkhalwat (berduaan) dengan laki-laki bukan mahramnya,
(7) Wanita yang tidak menyerupai laki-laki dan juga tidak menyerupai wanita-wanita kafir dalam hal-hal khusus yang menjadi ciri-ciri mereka,
(8) Selalu menjaga hatinya dari syubhat maupun syahwat. Memelihara matanya dari memandang yang haram.  
Selain itu kita dapat meneladani kisah-kisah wanita mulia yang menjadikan Allah sebagai satu-satunya yang ia cintai. Wanita-wanita mulia tersebut termaktub dalam sabda Rosulullah SAW “ Ada empat wanita mulia yang juga menjadi penghulu segala wanita di dunia ini. Mereka adalah siti asiyah, siti Maryam, siti khadijah dan siti Fatimah.” Sebagai contoh, dari Siti Fatimah kita dapat meneladani banyak hal, sebab Siti Fatimah adalah symbol berbagai dimensi wanita yang sholehah. Ia adalah anak yang sholehah dan taat kepada Ayahnya.Ia seorang istri yang setia kepada suaminya dan seorang ibu yang bijaksana dalam membesarkan putera-puterinya. Dialah teladan bagi seluruh muslimah dunia. 

“ Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholehah” 

Dalam akhir tausiyahnya ustadzah Fatimah berkata: “Cantik wajahmu bisa hilang bersama zaman, sirna dimakan usia. Namun cantiknya hati dan rupawannya pekerti adalah abadi, itulah cantik sejati”. 



Acara BBQ selesai pukul 11.30, selanjutnya pukul 14.00 acara BHQ pun dimulai. BBQ kali ini membahas tentang “SEMANGAT MUDA SUKSES DUNIA AKHIRAT”. Materi ini disampaikan oleh ustadz Sulton Barmawi. Inti dari materi yang beliau sampaikan adalah saat kita menuntut ilmu, orientasinya jangan hanya untuk mendapatkan pangkat atau jabatan saja. Namun orientasi yang harus kita tanamakan dalam diri yaitu bagaimana ilmu itu dapat bermanfaat bagi orang lain. 

Para pemuda harus memiliki semangat untuk terus menuntut ilmu. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya Malaikat akan meletakkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha dengan apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya seorang yang mengajarkan kebaikan akan dimohonkan ampun oleh makhluk yang ada di langit maupun di bumi hingga ikan yang berada di air.”

Intinya sebagai seorang pemuda ia harus memiliki semangat yang besar dalam melakukan segala aktivitasnya. Baik aktivitasnya dalam perkuliahan, bekerja, berorganisasi, dll. Tujuan akhir dari setiap aktivitasnya jangan hanya untuk kepentingan dunia saja, namun harus untuk akhirat juga.

0 komentar:

Posting Komentar